9 Februari 2023

SMPN 19 Kota Serang

Bersama Kita Bisa

Guru Dan Tenaga Kependidikan SMPN 19 Kota Serang Sudah Vaksin

Vaksinasi Tahap II bagi para pendidik dan tenaga pendidik diharapkan tuntas agar Juli 2021, pembelajaran tatap muka bisa berlangsung. Namun, Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) meminta Kementerian Kesehatan (Kemkes) memperjelas tahapan vaksinasi Covid-19 untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Sebab, para guru yang berada di luar ibu kota Indonesia sudah tidak sabar untuk menerima vaksinasi sehingga terus mempertanyakan jatah vaksin dari pemerintah.

Dinas Kesehatan (DinkesKota Serang menargetkan vaksinasi guru baik PAUD, SD, hingga SMP di Kota Serang selesai akhir bulan ini.  Hal itu dilakukan agar belajar tatap muka dapat segera dilaksanakan, tentunya dengan protokol kesehatan. Kepala Dinkes Kota Serang Ikbal mengatakan, pihaknya menargetkan vaksinasi guru tahap pertama selesai Maret 2021 ini. Sehingga Juli pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan. 

Dia menyebutkan, vaksinasi diberikan kepada sekitar 7.400 guru di Kota Serang baik negeri maupun swasta. 

“Iya, ada sekitar 7.400 orang guru yang akan kami vaksin, tapi tentunya akan diskrinning dulu. Kemudian, untuk di perguruan tinggi juga akan dicover oleh Pemerintah Provinsi Banten,” ucapnya.

Dia mengakui bila selama ini banyak masyarakat, khususnya orangtua menginginkan sekolah tatap muka kembali dibuka. 

“Saya pun sebagai orangtua sudah mendapatkan keluhan dari anak saya yang menginginkan kembali belajar secara normal. Pada pusing orang tua juga pada nanya kapan sekolah,” tuturnya.

Dengan adanya program vaksinasi dan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro, diharapkan dapat menekan jumlah kasus terkonfirmasi positif. 

“Sehingga sekolah bisa dibuka kembali seperti biasa, namun tetap dengan protokol kesehatan yang lebih ketat,” ujarnya.

Dan pada tanggal 9 Maret 2021, Kepala Sekolah beserta guru dan tenaga kependidikan SMPN 19 Kota Serang mengikuti vaksinasi pertama di Puskesmas Walantaka dan dilanjutkan vaksinasi kedua pada tanggal 23 Maret 2021.